Dart - 1. Perkenalan


Perkenalan

update 07/04/2020, source code di github.

Dart merupakan pemain baru dalam dunia bahasa pemrograman, dan masih terus berkembang. Dart dikembangkan oleh Goolge, bahasa ini bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile (Flutter), aplikasi web (Angular Dart) dan server. Untuk informasi lebih lanjut dapat melihat di website resminya www.dartlang.org

Pemilihan Editor



Ada banyak jenis editor yang dapat digunakan untuk belajar bahasa pemrograman dart, seperti VS Code, Sublime Text, Atom, Notepad++, Vim, Brackets, dll. Silahkan pilih sesuai dengan yang anda suka. 

Penulis sendiri menggunakan Vim untuk belajar dan VS Code untuk mengerjakan project.


Berkenalan dengan dart.

Hampir seperti suatu standart dalam belajar pemrograman, setiap pertama sekali belajar suatu bahasa pastilah diawali dengan mencetak tulisan “Hello, World!” dilayar monitor. Oleh karena itu mari kita mulai dengan mencetak tulisan “Hello, World!” di layar monitor dengan bahasa dart.


Listing hello.dart

void main() {
  print("Hello, World!");
}



Buka teks editor anda, kemudian ketik dan simpan dengan nama hello.dart, buka terminal (linux), command promt / cmd (windows), berpindah kefolder tempat kode anda simpan dan lakukan kompilasi program dengan perintah:

dart nama_file.dart

ketik di terminal/comand promt  perintah berikut: dart hello.dart


Hal yang harus kita ingat adalah setiap bahasa pemrograman punya aturan sendiri-sendiri, jadi kita harus membaca dokumentasi program tersebut agar dapat menggunakan bahasa tersebut dengan baik.

Dart - 1. Perkenalan Dart - 1. Perkenalan Reviewed by jc on September 13, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.