Algoritma ?



ALGORITMA


Algoritma adalah kunci untuk menjadi programmer yang handal, sesuai dengan pengertiannya yaitu urutan langkah-langkah LOGIS dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Dalam dunia pemrograman hal ini tidak asing lagi, ya....Algoritma bukan Logaritma



Misalkan:
Permasalahan klasik, Ada 2 buah ember, sebut saja Ember A dan Ember B, Ember A berisi Air Berwarna Biru dan Ember B berisi Air Berwarna Kuning, Bagaimana caranya menukar isi kedua buah ember tersebut sehingga Ember A berisi Air Berwarna Kuning dan Ember B berisi air Berwarna Biru?


Masalah mempertukarkan isi dari kedua ember A da B


Solusi :
Kita tidak bisa langsung mempertukarkan isi dari kedua ember tersebut karna akan menyebabkan tercampurnya air berwarna biru dan kuning, jadi cara agar kedua isi dapat dipertukarkan adalah dengan tambahan tambahan (sebut saja bejana C), dengan demikian masalah dapat diselesaikan, yaitu :

Ember C
Algoritmanya Adalah:

1. Tuangkan isi Ember A ke Ember C, sehingga Ember A menjadi Kosong.




Proses Penuangan Isi Ember A ke C


2. Tuangkan Isi Ember B ke Ember A, sehingga Ember A berisi Air Berwarna Biru dan Ember B Kosong

Proses Penuangan isi Ember B ke A



3. Tuangkan Isi Ember C ke Ember B, sehingga Ember B Berisi Air berwarna Kuning dan Ember C Kosong.


😆


Maka masalah telah selesai, dan solusi ditemukan.


hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap urutan langkah harus LOGIS, artinya bisa dikerjakan dengan jelas (bukan dengan perasaan ☺) Misalnya: taburkan garam secukupnya, kita tidak bisa memberikan instruksi seperti itu dalam pemrograman, karena kata secukupnya tidak logis, jadi gantilah perintahnya dengan taburkan garam 2 sendok makan, perintah ini akan lebih jelas ukurannya dan logis.


Sebagai bahan latihan carilah logika untuk pertanyaan berikut:
  1. Misalkan dalam matematika sederhana, kita diberi sebuah variabel X, dimana variabel ini nantinya akan diisi dengan sebuah angka, mis: X = 10, X = 11, X=27, X=100, dst. Masalahnya adalah Bagaimana caranya menentukan isi dari variabel X adalah ganjil atau genap, mis: 5, 7, 9 adalah ganjil, 2, 4 ,6 adalah genap, mengapa bisa seperti itu? kira-kira apa logika yang akan kita gunakan untuk menguji bahwa bilangan itu adalah ganjil atau genap. jika kita yang melihat tentu kita langsung tahu dan dapat menjawabnya, bagaimana jika kita ingin memprogram komputer untuk memberitahu kita apakah isi variabel X genap atau ganjil, kira-kira algoritma apa yang akan kita berikan ??
  2. Kasusnya hampir mirip dengan no.1, hanya pada soal no.2 bagaimana caranya menentukan bilangan Positif dan Negatif.
**Silahkan Jawab Di Kolom Komentar
Algoritma ? Algoritma ? Reviewed by jc on September 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.